Saturday 29 July 2017

Academic Writing 2: H-1



Dulu saya beranggapan, ngapain sih ke Pare? Mending belajar sendiri! Mending ikut les English yang jelas-jelas aja (Tapi bayarnya mihil sih, hiks).


Itu dulu, pas saya ngantar anak-anak murid pertama kali di sebuah lembaga English, dan taunya mereka cuma diajar anak2 magang. Kecewa banget rasanya. Apalagi saat selesai program dan balik schooling, hasilnya nggak ngefek-ngefek banget selain punya teman (even pacar) baru. Duh!



Makanya, saya kaget banget waktu tau bahwa most of teman-teman awardee yang hendak study di LN adalah jebolan kursus murah dari kampung Inggris.
Rupanya, Pare tak sesempit daun keladi seperti yang saya kira. Thus, saya lalu tanya tempat kursus yang recommended dan berniat untuk mengupgrade my English secepatnya. And here I am now.


Begitu nyampe lokasi, rasanya emejing banget liat segitu banyaknya calon murid di lembaga yang saya ikuti. Ratusan, berjubel seperti semut. Dan pas saya tau program2 yang ditawarkan, woow... Saya harusnya ke sini dari dulu.


Masih jetleg turun dari line (ada ya yang kayak gitu?), saya harus menuju ruang placement test untuk ikut writing test. Yes, seriously, cerdas sekali. Sekali di kasih tes ini, bakal ketauan semua deh kayak apa skill si calon siswa. And well, dengan kondisi gak fokus setelah nenteng backpack dan tas jinjing berat ke sono ke mari, saya menghadapi 1 motion yang harus saya tanggapi dengan tarian tinta sepanjang kurang lebih 150 kata.


Wat wet wut, srat sret srot, diem, mikir, wat wet wut again, yay finished!


Paper tersebut kemudian akan dinilai oleh seorang tutor untuk diberikan rekomendasi, kelas apa saja yang sebaiknya diambil. Tapi nggak otoriter juga sih, so kita tetap diinterview juga untuk tahu apa sebetulnya kebutuhan siswa. Oiya, tanya-jawabnya ini pake Bahasa Inggris sih, jadi ketauan juga di level mana skill speaking siswa, dan harus diupgrade di kelas apa.


Well, saya akhirnya memilih kelas advance writing (buat ngasah skill nulis journals, articles, n essays in English, saya butuh banget nih). Saya juga direkom ambil advance speaking (because lama gak punya lawan ngomong dan buat preparation kalo ada kesempatan short-courses di LN) n reading adalah satu2nya kelas ielts yang saya ambil karena lainnya (listening, grammar, speaking, writing), waktunya bersamaan dengan program yang prioritas.


Pengennya sih ambil buanyaaak kelas, tapi gak mungkin lah, ini aja udah dari pagi sampe malem (total 7 sesi sama program camp). Hmm... Great sih meskipun rada tiring, hehe


Then i promise myself akan merasakan perubahan skill saya day by day, terutama di writing. Aktivitas di kelas bener-bener challenging. Nyelesain text ielts yang gak cuma bertipe multiple choices, debate, nulis dengan pola sistematis dan lebih berkualitas dengan diksi kaya dan distinct. Really i enjoy it.


Huaaa...  Di atas adalah tulisan saya  pas pre-test (tutup muka). Bagaimana perkembangannya? Kita lihat aja. Semoga membaik hari ke hari

1 comment: