Friday 15 June 2018

Negara di Eropa paling ....


Karena diinterview ala-ala oleh saudara sepupu ipar, saya jadi mendengar  opini saya sendiri malam ini.



Q: Negara Eropa mana yg menurut Mbak paling keren?

A: paling keren? It must be Germany. Jerman itu tertib (well gak tertib amat sih ya, ada vandalism juga, bangku di bandara nya ada yg bolong2 juga, but) what amazed me adalah mereka tertib tanpa di cctv seperti di Singapore. Mereka tertib bayar tiket sub dan metro tanpa ada ticket gate. Konsep dirinya tuntas, tahu malu, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusianya both qualified. Untuk negara dg prediket terbaik di dunia menurut banyak lembaga, biaya hidup dan study di sana terhitung paling murah.


Q: Kalo Belanda?

A: Belanda itu miskin, you know. Tapi karena miskin mereka jadi kreatif. Kincir angin ada karena mereka butuh pompa untuk membuang air laut agar daratan lebih luas. Arsitektur dan produk peradaban di Belanda sepertinya paling khas di Eropa. Ya sepedanya, ya klompennya, kanal, tulip, windmill, Friesland ladies and flag and milk, itu semua cuma ada di Belanda.

Q: kalau yang paling indah?

A: paling indah sekaligus paling nyentrik sih rasanya adalah Itali. Imajinasinya, arsitekturnya, Leonardo da Vinci nya, Venice dan gondolanya, juga warga aslinya yang suka teriak-teriak norak.


Aah, by the way ini hanya kacamata seorang muqimin sebulan di beberapa negara Eropa. Entah nanti setelah saya tinggal 3 atau 4 tahun di sana. Mungkin jawabannya berbeda.

0 comments:

Post a Comment