Monday 2 November 2015

Buah-buahan ‘ajaib’ dalam al Quran


Kita sering mendengar istilah back to nature (kembali ke alam), yang maksudnya menjadikan alam sebagai  solusi hidup kita. Sejak kapan istilah ini muncul tidak dapat diketahui secara pasti. Namun salah satu efek positif dari munculnya istilah ini secara massive adalah masyarakat memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk menjadikan bahan-bahan alam sebagai obat dibanding bahan-bahan kimia.
Bahan-bahan alami, atau sering disebut herbal, memiliki beberapa keunggulan karena sifatnya tidak
hanya meredakan gejala penyakit namun berusaha untuk memperbaiki jaringan yang rusak serta tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu lama asal meraciknya tidak asal-asalan. Karena dalam pemakaiannya, obat-obatan herbal membutuhkan waktu agak lama untuk merasakan khasiatnya, kebalikan dari obat-obatan kimia yang justru berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.
Bicara tentang back to nature, belakangan baru kita tahu kajian para pakar bahwa tanaman-tanaman di sekitar kita memiliki khasiat ajaib untuk mengobati penyakit-penyakit yang dianggap mematikan dalam dunia medis. Dan jika kita renungkan lagi, ternyata tanaman-tanaman ajaib yang memiliki sumbangsih tinggi dalam menjaga kesehatan manusia ini dapat kita rujuk informasinya dalam al Quran.
Al Quran, kalam Allah yang Maha Tinggi dan merupakan penyempurna dari kitab-kitab Allah yang diturunkan sebelumnya, tidak saja berisi perintah, larangan, atau kisah yang tujuannya mengesakan Allah swt semata, namun bertabur informasi yang luar biasa kontributif bagi kehidupan manusia saat ini dan masa mendatang.
1. Anggur
Di dalam Alquran anggur disebut dengan a’nab, dan terdapat di antaranya dalam QS 17:91 dan QS 23:19. Fungsi anggur bagi kesehatan sangat banyak. Anggur dapat menghilangkan kelelahan fisik. Kandungan besi dan gula di dalam anggur mampu meningkatkan produksi darah dan mengobati masalah liver, ginjal serta sistem pencernaan.
Anggur juga merangsang berfungsinya ginjal dan membantu mengeluarkan ampas tubuh, menurunkan tekanan darah, menguatkan jantung menyembuhkan bronchitis dan batuk serta meningkatkan kecantikan kulit karena anggur juga memiliki khasiat membersihkan darah kotor yang menumpuk.

2. Zaitun
Dalam istilah modern zaitun dikenal dengan nama olive. Di dalam Al Quran penyebutan buah zaitun di antaranya terdapat dalam: QS 6:99 & 141, QS 16:11, QS  24:35 dan QS 95:1.
Zaitun memiliki khasiat luar biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam linoleik yang terdapat dalam buah ini sangat bermanfaat bagi ibu menyusui. Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi pertumbuhan bayi dan memperbesar potensi pada timbulnya beberapa penyakit kulit. konsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30% asam linoleic juga bagus bagi penderita diabetes.
Selain itu,  klorin yang terkandung pada zaitun dapat meningkatkan fungsi liver lebih sempurna, menguatkan kerangka tubuh, dan baik untuk serabut arteri otak. Minyak zaitun juga memiliki fungsi mengendalikan kolesterol, sehingga para dokter sangat menganjurkan pemakaian zaitun dalam  memasak. minyak zaitun juga dapat mengurangi jumlah asam pencernaan dan dengan demikian melindungi perut dari penyakit-penyakit radang usus dan sakit magh. Minyak zaitun juga membuat teraturnya gerakan kantong empedu.
3. Kurma
Siapa yang tidak kenal kurma? Buah khas timur tengah yang marak muncul di bulan Ramadhan ini banyak disebut di dalam al Quran di antaranya pada QS. 13: 4 dan 19: 24-26.
Kurma adalah buah istimewa karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan cepat dicerna. Kandungan gulanya dapat menenangkan saraf dan memberikan kenyamanan secara psikologis. Kurma juga dapat mengurangi tekanan darah. Kurma mengandung banyak vitamin sepeti vitamin A, B1, B2, dan mineral yang dibutuhkan tubuh sepeti potassium, sodium, kalsium, besi, mangan, dan tembaga.
kurma sangat bermanfaat bagi wanita hamil dan menyusu sebagaimana dikisahkan dalam al Quran surat Maryam. Daging buah kurma meningkatkan kesehatan janin di dalam perut ibu, mencegah ibu dari rasa lemah, dan memperbanyak air susu bergizi tinggi.
4. Tin
Buah Tin, merupakan salah satu nama surat dalam Al-Qur`an. Buah ini disebut-sebut oleh hasil penelitian medis terbaru sebagai buah yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

  Buah ini mengandung gula dalam jumlah yang banyak, juga mengandung garam utama, diantaranya kalsium, fosfor, dan Vitamin C. Dalam ilmu kedokteran, buah ini diyakini mampu mengobati segala jenis penyakit.
5. Delima
Delima, adalah jenis buah lainnya yang disebutkan dalam Al-Qur`an surat 6:141. Delima mengandung potassium dalam volume besar selain mineral-mineral lain seperti fosfor, kalsium, besi, dan sodium, serta vitaman-vitamin A, B1, B2, B3, dan C. Potassium bereaksi bersama sodium mengatur ekuilibrium air tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal.

Dengan menjaga keseimbangan kadar potassium-sodium di dalam tubuh, buah ini membantu menunjang kepekaan saraf dan otot agar berfungsi secara teratur, mencegah edema, dan mengurangi kadar gula yang beredar di dalam darah. Delima juga menghilangkan rasa letih otot dan memungkinkannya bergerak dengan mudah, juga menguatkan jantung.

0 comments:

Post a Comment