Monday 23 May 2016

TAK ADA YANG KEBETULAN…



TAK ADA YANG KEBETULAN…

Jujur, diriku jarang buka FB. Malees…

Tapi karena hari-hari ini lagi ada urusan chit-chat sama orang-orang keren, ngurusin kerjasama ini-itu, heemmbfh… mau tak mau.

Setelah lama hibernasi, ngublek ini-itu, ada saja hal baru. Ada wajah baru yang minta berteman, kawan yang lama hilang tetiba nongol sendiri, macem-macem dah.

Jadi gitu deh, klak-klik confirm sana-sini.


Tapi ini aneh. Tiap nengokin ‘rumah’ orang, foto profil mbak satu ini muncul… aja. Ya, emang mutual friend sich. Selaluu… di atas, pojokan pertama. Kayaknya karena dia rajin nongkrong di pesbuk hari-hari ini. Mungkin?

Lama-lama… oklay deh coba mampir. Lagian background fotonya kayak tempat asing yang gimana… gitu. Nggak-nggak! Serius nggak editan. Di mana ya?

Akhirnya tlusur-tlusur deh ke time-line punyanya.  Hm… banyak foto pemandangan serupa. Di mana ya nih? Scroll down… and yup! Baru ngeh pas ada postingan
“Emak-emak Leiden”

Oho??!! Sirius? Wah… pengen!

Leiden! Petanya lagi kupasang di dinding kamar. Aku ingin diterbangkan Allah ke sana. Dalam waktu dekat kalo bisa. Mupeeng!!!

Lalu spontan aku ketak-ketik di dindingnya.

“Mbak di leiden??? Tunggu akuuuh…”
Nggak lama, dia njawab. “Cuma shortcourse sebulan nduk” (tetep aja manggil nduk, panggilan sayang, eaa..)

Nggak sabar ngobrol lebih panjang, diskusi kami pindah k messenger.
Aku     : Jadi kapan ke Leiden?
Mbakyu : tahun kemaren…
Bla bla bla… bli bli blu…
Aku : Mbak, aku lagi mau cari sponsor buat sekolah lagi. aku mau neliti manusrip kuno yang ada di Leiden.
Akhirnya aku buka kartu kenapa segitu excitednya ngerti dirinya di sana. Bukan cuma soal nglancong ke luar negerinya.
“Dirimu punya manusripnya, nduk?” dia tanya
“nggak lah mbak! Bukannya udah dimuseumin. Paling2 aku nliti alih bahasanya yang udah ditulis Schrieke, dia jadi doctor karena kitab itu.”
Dia lalu crita sana-sini tentang fasilitas perpus Leiden yang kerennya amit-amit.
Mbakyu: nduk, punya telegram?
Aku: gak punya. Emang enak ya pake telegram?
Mbakyu: Lebih cepet buat kirim file.
Aku: iyakah? Oke ntar aku install.
Mbakyu: mbuatlah, nanti aku kirim sesuatu

Hmm.. kirim apa ya? Si mbakyu nih orangnya iseng, jadi aku nggak mau terlalu ngarep, hehe.. foto-foto leiden kali? Hm… tau dah.

Gak kayak biasanya pake nunda-nunda, aku langsung install dan pasang itu telegram.

Setelah tukeran nomer hp, langsung aku on.
Mo dikirimin apa seeh? penasaran juga akhirnya.. huehehe…
“hai” sapanya dibalik sticker berwajah tante-tente sok imut. Wakaka..
Lalu… serentetan gambar tiba-tiba menghujani layar tabletku tanpa dapat kupastikan itu apa.
Wow wow wow!!! Hidih banyaknye…
“itu kudonlot kemarin saat di leiden nduk!” tulisnya di ujung gambar terakhir.
Hooh?? Apaa seeh???
Haaahhh? What?? Ciyuuss?
Oh nooo! Oh yesss!!! Yes!!! Aku tak percaya!!!
Tuhan, ya rabby!!! Kau begitu baik!   --Tearing a bucket (nggak-nggak! Nggak gitu juga!)

Tau nggak pemirsah? Itu… manuskrip yang kucari!! Iya!!!
Itu manusrip kuno yang hilang 400 tahunan lalu. Diculik Belanda.
Bahasa mereka, diamankan, di Leiden Museum. Lalu 2 orang Belanda bergelar doctor karenanya.
Aku ingin melihat kitab itu. Mengalih bahasakannya. Menggali mutiara di dalamnya.

Itu kitab yang pernah hilang dari kotaku, di bawa terbang para penjajah.
Dan sekarang Salinan isinya yang berderet aksara jawa kuno itu, ada di depan mataku.

“Itu ndonlotnya Cuma bs dari leiden mbak?” yaiya kelees… orang aku googling gak dapet2. Tapi kali aja sih…
“ iya nduk”
“Maaciiih… mbak!” fiuuuh worth it! Worth it!
Berguna banget. Bangeet….
Meski satu hari nanti (aku yakin Allah baik hati, jadi mungkin tak lama lagi), aku akan terbang sendiri, mengaksesnya langsung, dari layar kaca computer, di Leiden University. Aamiiiin ya Rabb…  (berkali-kali)

2 comments:

  1. Oh, jadi ini alasannya..keren mbak, keren! Jadi kepikiran pengen nulis sesuatu...

    ReplyDelete
  2. iya, begitulah mbak Tyzha, hehe

    ReplyDelete