Friday 8 July 2016

Tes Substansial LPDP; On the spot essay writing




'Faidza azamta fatawakkal alallaah'


"Tes substansial LPDP itu ramenya udah kaya audisi Indonesian Idol. Jangan kaget ya!"

Kalimat dari mbak Iin masih terngiang. Iyakah? Aih... Belum nyampe tahap ini aja rasanya udah gimana.. gitu. Terbayang deh, seleksi pencarian bakat terheboh di tanah air, yang pernah saya ikuti di Jogja Expo Center waktu itu. Rempongnya, Antrinya...


Eh bukan2, saya nggak jadi kontestan, tapi tim pertolongan pertama.




Dan benar, dari sekitar 6000an applicant (dari ngitung manual akibat sindrom kepo) masih ada 3000 yang akan diuji di tes substansial. Di Surabaya sendiri, area tes yang saya pilih, ada 400an peserta yang akan memperebutkan sponsorship lpdp untuk membiayai studi master dan doktoral.


Wajah-wajah kinclong, rapi dan intelek, memadati lobby GKN pada hari H. Alhamdulillah udah gak kaget karena dapat spoiler sebelumnya. Tebar senyum, berbaur, kenalan, penting banget tuh. Kalo bisa cari teman segrup LGD dan on the spot essay writing biar nggak kagok saat di ruang diskusi. Etapi.. mencari dengan metode random begini, untung-untungan kalo ketemu. Sempat sih kepikir untuk mencari nama-nama teman hasil tracingan ini d fb, dan kenalan sebelum hari ujian. Yaelah boro-boro, nyiapin interview dan menguasai topic terkini buat essay aja sudah minta maaf rasanya.


 yaudah deh, duduk manis nunggu giliran sambil kenalan ama kanan kiri ajach.


Seleksi pertama yang harus dilewati setelah kita presensi, adalah verifikasi dokumen. Santai men!


Tapi pas temen di samping cerita kalo ada banyak yang berguguran di meja ini, saya jadi spot jantung sekaligus penasaran tujuh keliling.

Kok bisa gugur??? Cuma cek dokumen aja kan???

'Iya.. tapi ada lho yang sampe malsu dokumen karena masih blm memenuhi kriteria administrasi. Sertifikat bahasa, terutama' katanya.


My God... Niat banget sampe tipu-tipu. Ketahuilah men, setiap lembar surat berharga tuh ada indicator keasliannya. Bisa berupa barcode, cetakan timbul, hologram, dll. Duh.. niat malsu data itu nggak cuma jahat, tapi juga bego.


Nah karena data saya semua asli,_alhamdulillah lolos dah. Tak lama setelah lolos verifikasi dokumen, panggilan untuk kelompok saya menuju ruang essay dan LGD pun terdengar dari speaker. Bukan LGD ini mah, tapi OMG!! Dag dig dug maksudnya. Untung essay writing dulu kan, at least ada waktu buat duduk diem menenangkan diri. Yehaha. (Beberapa menit kemudian saya baru tahu kalo pikiran itu melesat total, yeh..meleset maksudnya)


Baru 1, kawan segrup 16b yang saya temui. Sisanya gimana dong? sengaja berlama-lama nunggu di depan lift sampai akhirnya ngumpul semua.

Sebelum naik lantai 3. Greet-greetan bentar minimal ngafalin nama masing-masing biar pas diskusi bisa langsung mention-mentionan. Emang ngefek ya? Bangetlah! Nanti deh saya jelasin.

Nah jeng-jeng... Sampailah kita di depan ruang sakral On The Spot Essay Writing (OTSEW)

Apaan sih tuh??

Pihak Lpdp emang brilian. Ngasihkan sumbangan pendidikan dari pajak negara, so pasti mereka pasang standar tinggi amit buat para pelamarnya. Otsew adalah tes menulis essay spontan, untuk melihat sejauh mana pengetahuan dan kepekaan calon awardee pada isu-isu dalam negeri.

Dan bagi saya, ini ngeri.. Heuuw..

Gak punya tv (acaranya gada yang jelas kan, dan gak sehat buat anak-anak, lebih lagi), baca koran pun jarang. Oh.. mau gak mau saya berusaha up to date sejak punya niat untuk nglamar beasiswa lpdp.


Bukan langsung beli tv gitu sih, tapi nyempetin baca koran sekolah yang biasanya udah dibawa kabur bapak-bapak sejak pagi. Baca newspaper online, dan googling isu terkini. Apaan sih maksud reklamasi yang sering diucap-ucapkan orang belakangan, energi terbarukan, kasus TKI, gojek bisa didemo kenapa, dan UN 2016 (yang ini rasanya gue banget).


Jujur fren, sampe di menit terakhir di bis menuju Surabaya pun saya masih online cari bacaan-bacaan ini. Kuatir gak menguasai pas disodorin isu di ruang Otsew. Padahal di flp, udah biasanya banget kita diminta nulis spontan pake tema. Tapi saya asnul aja, asal nulis. Lha ini, pake direvew pakar, menentukan nasib lagi. Dududduduh...

Sebelum masuk ruang, kita dibriefing dulu. Juga, dikasih waktu buat ke toilet. Iyalah, bahaya banget kalo kebelet di waktu mepet saat pikiran lagi cupet.


And finally.

Di ruang otsew, peserta yang jumlahnya sekitar 20 orang ini disilakan duduk di tempat yang ditata. Persiapan... Get set... Go!

Lembar di sudut kanan boleh dibuka! Dan yup!! Ada serangkaian kalimat yang saya udah kabur banget buat ngelihatnya. Di ujung halaman saya lihat ada 2 judul.

Itu tampaknya tema yang salah satunya harus saya sulap jadi essay out of the box dalam waktu 30 menit.


Oh No!!! Ini apah seeh?


2 pilihan tema di atas kertas yang saya pegang, kabur tak terbaca. Bukan karena kualitas cetakannya. Tapi otak saya yang setengahnya nerves dan separuhnya wegah membaca. Ah life must go on...

Setelah berusaha fokus, terlihat deh 2 kalimat panjang yang tetep saja bikin mumet. Bukannya soal UN, TKI, reklamasi, energi terbarukan yang udah hampir hafal secara teori dan solusi. Tema yang saya dapat ini 1) tentang pemberdayaan masyarakat, dan 2)framing politik dari demobilisasi massa menuju media bias.

Lho, apa susahnya menulis essay pemberdayaan masyarakat?

Nggak susah kali ya. Pikiran saya aja yang tiba-tiba macet. Yang menari-nari justru tema 2. Yup, karena waktu terus berjalan saya langsung buat pendahuluan tema kedua. Etapi tiba-tiba saja saat hendak mengutip pendapat tokoh (yang ini wajib dilakukan), saya malah lupa, siapa tokoh yang mengeluarkan quote itu. Parah banget kan??

Nekat deh akhirnya. Dan saat tulisan pendek itu saya akhiri, sisa waktu masih 10 menit. Ah enggak, jangan tambahi apa-apa lagi. Bisa tambah ngaco nanti. Ini aja sudah ngeri. Diksi lugu berulang-ulang karena mesin pencari padanan kata di otak saya lagi macet, kalimat tak efektif dan agak gak nyambung, serta telaah yang tak tajam. Aih.. Pusing, biarin.


Waktu habis akhirnya. Semua berhambur ke luar.Tak ada yang tersenyum. Beberapa hanya bisa meringis menertawakan kekonyolannya di dalam ruang tadi. Dari pengakuan si ini dan si itu, banyak yang memilih tema 1. Jadi saya aja yang pilih tema 2? Iyah, secara tema 1 lebih mudah. Diri ini aja yang gak berpikir sehat tadi. Ah lupakan lupakan.

"Tapi mbak, kalo pilih tema 2 itu skornya udah ples lho!! Secara itu memang dibuat lebih susah."

Oh ya?? Masak sih!?

Sampai sekarang saya masih tak tahu, sebenarnya berapa persen hasil OTSEw mempengaruhi kelulusan.

Tapi jika memang benar, dan besar persentasenya, i think this is how God works.


Kadang-kadang kita dibelit kesulitan yang tak bisa kita nalar. Lalu kita diseret dalam sebuah pilihan yang sepertinya tak menyenangkan. Dan di akhir kita tahu, bahwa kondisi itu justru keberuntungan kita.

We can say it's magic. The magic done by the shake of God's Hand. And its not free, at all.

It's a harvest of a hardwork you did. Exactly.





4 comments:

  1. May Allah comply with your prayer, aamiin...

    Sukses mbak hiday... Semangaaattt... Go go

    ReplyDelete
  2. Keren sekali Mba Hiday. Doakan aku bisa mengikuti jejak Mba Hiday

    ReplyDelete
  3. Keren sekali Mba Hiday. Doakan aku bisa mengikuti jejak Mba Hiday

    ReplyDelete
  4. Gregetan bgt y ujiannya kayaknya mbk.. berasa beud :D

    ReplyDelete