Friday 11 January 2019

Jadi Begini: Lima Pertanyaan tentang Odop dan Menjadi Odoper



Holaaa

Selamat, Anda telah sampai di blog ini. Anda mungkin seorang yang antusias dan penasaran. Atau mungkin penyasaran?

Sebagai hadiah karena sudah sampai di blog ini, saya mau bagi-bagi pertanyaan.

Sungguh terlalu ya. Hari begini, bukannya bagi uang, bagi sembako, bagi kerudung warna nganu, bagi kaos bergambar foto nganu, eh malah bagi pertanyaan.


Hm, jadi begini: ini adalah lima pertanyaan yang sedang saya tanyakan untuk diri sendiri. Saya akan jawab sendiri sih, kasian diri saya yang udah tanya kan ya. Hahahaha.


Tapi kalau Anda yang membaca mau ikut mempertanyakan dan menjawab, itu akan ada baiknya juga, saya kira.


Jadi gimana? Langsung aja nih? Ya anggap saja yang tadi sudah basabasi.


1. Kenapa kamu ikut odop?

Jadi begini: Saya ikut odop pada bulan Februari 2016, karena saran seorang teman. Saya menyampaikan maksud kepada nomor Bang Saiha yang dibagi teman saya. Beliau baik. Sangat, malah. Saya bergabung dengan blog seadanya dan mengikuti aturannya: menulis setiap hari, kecuali Minggu.


2. Setelah jadi odoper kamu mau jadi apa?

Jadi senang. Saya mau hati saya senang. Siapa yang tidak, hayo! Saya melakukan hal yang tidak saya lakukan sebelumnya: Nulis tiap hari. Saya juga mengunjungi blog teman, sesekali. Pilih-pilih sih, dulu (kalhau sekharanggg?)


Pilih dari judulnya, awalnya. Lalu dari pemiliknya. Kemudian dari judulnya dan atau keduanya. Lalu karena kewajiban blogwalk juga.


Blogwalk atau jalan-jalan di blog (apakah artinya benar begitu, Santiago?) itu menyenangkan juga sih. Satu, kita jadi tahu cara orang lain menulis.


Setelah baca tulisan orang, biasanya saya akan: ooh jadi begitu kalau nulis. Eh, kok asyik ya kalau dibuat begini. Eh keren juga ini cara bernarasinya. Wow diksi dia kok powerful ya? Jadi sebaiknya saya akan lebih baik jika bagaimana nih?


Yup, blogwalk itu saya rasakan cukup membantu. Jadi saya rasakan sejak saat itu (dan beberapa kali saya tulis dalam sejumlah kesempatan): manfaat berodop itu banyak nulis, banyak baca tulisan orang dan belajar darinya (blogwalk), banyak teman.


Kalau versi Bang Saiha, banyak teman ini penting. Jadi dulu di awal, Bang Saiha suka kasih materi terkait blogging, SEO dan semacamnya. Saya gak paham saat itu, sumpah. Cuma kesimpulan saya saat itu: wow ngeblog bisa ya buat serius cari uang wkwkwk. Dasar otak saya, duniawi! (Emang gak boleh? Boleh sih asal gak greedy)


3. Bagaimana jika odop didesain bukan sesuai kemauanmu?

Hasil dari ngodop langsung terasa sih buat saya, setelah nugas nulis tiap hari. Kan saya nulis puisi mulu di awal. Maksudnya biar gak panjangan gitu. Per lima atau enam judul, saya kirim ke radar. Eh dimuat, gaes. Kirim lagi, kirim lagi.
Trus penasaran mau kirim ke yang lain. Tapi gatau kenapa sampe sekarang belum kesampaian kirim ke media lain lagi. Mungkin karena saya jadi kontributor majalah yang auto memuat tulisan saya setiap dua bulan sekali.


Mungkin juga orientasi saya saat itu mulai berubah sejak punya buku antologi pertama. Pengennya punya buku lagi, lagi, lagi. Lalu puisi-puisi saya kumpulkan jadi buku. Itu buku solo fiksi pertama saya. Sebelum ngodop ada sih buku sendiri yang sudah berisbn: buku pelajaran bahasa inggris, ada tiga judul (tapi belum puas karena itu bukan buku fiksi atau non fiksi populer).


Singkatnya, seiring waktu berodop, secara langsung atau tidak, organisasi dan komunitas kepenulisan yang saya ikuti jadi nambah. Banyak teman baru lagi. Banyak pengalaman.


Eh terus saya dapet beasiswa. Terus bisa riset ke Kuala Lumpur juga salah satunya karena dibantu perijinannya sama salah satu Odoper. Terus kenal komunitas baru lagi. Terus, terus, terus, banyak juga terusnya ya. Itu yang namanya berkah mungkin ya.


4. Kenapa odop nyaman?

Hm kenapa ya? Sejak ngodop, saya selalu punya persinggahan hampir di setiap kota yang saya kunjungi. Kopdar, udah nggak ngitung berapa kali. Hampir tiap acara jalan di Indonesia, even di KL, jadi lebih endes bahkan sangat terbantu karena odoper ada di mana-mana.


Grup online odop memang sesuatu sih. Wow gitu (boleh dibaca gaya alay).


Gak kenal jadi akrab. Gak tau jadi suka. Ngobrol bisa apaa saja, dari soal nulis, non nulis, non nulis, non nulis, lho jadi nyaman ngechat terus gini ya. Eh itu saya sih. Yang lain mungkin enggak. Yang lain mungkin tetep berjuang di jalan ninja kepenulisannya.


Ya, Odop bagus sih silaturahimnya, tapi jujur aja ya, saya merasa banyak nulisnya di luar komunitas odop. Bukan di odop malah. Hm, masalah gak sih? Bukannya di mana aja yang penting nulis yak? Eh gimana ya?


Terus ngeblog tiap hari? Mana? Mana? (Lupa lu Tong ama blog sendiri?)


5. Bagaimana jika odop tak membantu cita-citamu?

Jadi kalo di odop kita diminta nulis tiap hari, ini agak miskonsep sebenarnya kalo kita mau nulis buku. (Iya gak sih?)


Kalau mau posting tiap hari, cocoknya jadi blogger sih. Kalo mau nulis buku, terlebih sastra, ngedraftnya sih nggak di blog. (hmm... begitukah?)


Saya jadi ingat awal-awal Bang Saiha sering kasih kita ilmu ttg blogging dan saudara-saudaranya. Tuh kan, jadi apakah odop didesain agar kita jadi blogger?


Dan jawaban bijak Bang Saiha pada suatu hari adalah (dengan redaksi bebas hasil ingatan yang tak terlalu kuat ini): saya tidak menjanjikan teman-teman berhasil. Saya tidak memaksa teman-teman jadi apa-apa. (Sumpeh salut sama Bang Saiha. Setiap orang cuma berhasil jika berjuang dengan niat dan paksaan dirinya sendiri).


Yang lebih nohok dan terharu: Saya promo buku aja nggak semua anak odop minat (Duh, ampuuun, Bang. Dasar pada gak punya terima kasih sama pendiri ya, hiks. Pada akhirnya malah Bang Saiha bagi-bagi bukunya gratiss. Alhamdulillah Bang Saiha menapaki jalan karirnya sendiri sekarang, dan odop dipegang anak-anak muda dengan kreativitas yang gak ada habis-habisnya. Sumfeh itu keren)


Kembali ke pertanyaan kelima. Odop awalnya didesain untuk melahirkan blogger? Ah blog kan hanya media, yang penting nulis tiap hari kan? Bukannya setelah jadi anggota dikasih materi fiksi dan non fiksi (jadi gamasyalah kan kalo mo miksi juga)?


Well kalo milih jalur fiksi, tulisan-tulisan saya muaranya ke yang lain dong! Apa saya harus tetap ngeblog tiap hari? Kalo lagi mroject nulis kan gak selalu bisa dibagi di blog, gimana dong? Apa saya harus ttp ngedraft sambil tetep ngeblog?


Paling enak emang yang non fiksi aktual sih ya? Kalau mau total ngeblog paling laris bukannya yang tema-tema ABCDE? Lo mau nulis sastra di blog, berapa jumlah pengunjung?


Hem hem, ini gak habis-habis kalo dilanjutkan. Seperti Bang Saiha, saya gak memaksa Anda (mengikuti tulisan saya sampe sejauh ini. Tapi kalo itu terlanjur Anda lakukan, Wow!)


Seriously, ini cuman pikiran saya. Mungkin tak semuanya berpikir atau merasa begitu. Sayanya aja mah.


Etapi, kalau Anda sama, berarti ada satu hal kayaknya yang harus dibereskan dalam kepengurusan Odop yang baru: mematangkan odop sejak dalam konsep.


Halah opo seeh


Jadi begitu: ini hanyalah tulisan sok iyes yang yes no yes no. Hahahah. Ups.


11 comments:

  1. Nulis buku okey. jadi blogger okey. Saya jalani keduanya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupikir dulu juga begitu. Tapi uncle benar. Kalau mau total, kamu harus pilih satu kursi

      Delete
  2. 1. Kenapa mau ikut ODOP? Dulu zaman-zamannya ODOP 1, grup kepenulisan kayaknya nggak banyak. Dan aku nemu ODOP akhirnya. Yang membuatvaku pertama kalinya punya grup yg iainya orang" dengan hobi yg sama. Yaitu nulis. Asik gak tuhh..

    2. Setalh jadi ODOPers, pengennya nggak berhenti menulis. Dan terus berkarya.

    3. Hemm gimana ya, harus menyesuaikan kali ya. Karena nggak semua memang sesuai keinginan kita. Hidup ini pun begitu toh? Begitupun di ODOP sudah punya aturannya sendiri. Intinya ODOP itu adapah satu langkah baik demi meraih cita-cita aku dlm kepenulisan.
    Dan masih butuh banyak langkah lagi.

    4. ODOP Nyaman? Hemmm yess karena sejauh ini orangnyapun asik-asik. Saat kopdar malah lebih asyik. Jadi ketagihan deh pokoknya kalau udah kopdar sekali.

    5. Jika tak membantu cita-citaku? Banyak jalan menuju roma(bukan bang Roma Irama loh ya.) Seperti jawabanku sebelumnya. ODOP hanya 1 langkah menjuju kebaikan dalam hal cita-cita ingin terus menulis. Selebihnya kita yang menentukan.masih ingin terus melaju, atau yowes segitu aja. Begitu prigram selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Setujuh, sedelapan, sesembilan. Era Pak Septian kemarin aku merasa odop sangat banyak berkembang. Angkat topi

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kenapa ikut ODOP? Karena ada kamu.... (ciee) 😂 apa sih nih komenku ngerusuh banget

    ReplyDelete
  5. Endless love for ODOP

    Yey...mak mak sibuk nulis..

    ReplyDelete
  6. *siap-siap merenung, menafakuri niat ngeblog sendiri*

    Makasih tulisannya, Mbak Hiday~

    ReplyDelete