Wednesday 8 March 2017

Ngojek vs Ngojesh vs Ngebis



Saya pertama kali menikmati ojesh 2 tahun lalu, atas pesanan teman di Depok yang belum saya tahu alamatnya. Betapa kita berhutang budi pada teknologi. Semua serba praktis. Berbekal handphone untuk transaksi, saya dan mbak ojesh saling sapa. Dia antarkan saya, saya membayarnya (yang kemudian dipaksa teman untuk dia traktir). Hubungan kilat yang menyenangkan. Simbiosis mutualisme.




Saya jadi ketagihan pada relationship serupa itu. Maka di awal-awal ketika harus berburu skor Toefl di Surabaya, dengan jadwal test super pagi (dari jarak tempuh seratus sekian km), dan tak tahu arah utara-selatan, tak ada jalan lain. Saya mulai menyimpan nmr kontak mbak ojesh di Surabaya.


Gara-gara keenakan, muncul deh greedy saya. Mana mbak Ojesh selalu nurut apapun yg saya bilang. Kemanapun saya minta, tak pernah sekalipun dia durhaka. Hubungan kami berjalan hangat, hanya sedikit membuat dompet saya menggeliat. Berteriak kesepian ditinggal isinya.


Sempat saya coba berpaling, mendengar saran kantong saya. Coba ngojek ah. Waktu itu masih ada promo, Ceban everywhere. Dibantuin anak Unair yang nyambi ngegojek, saya diinstalin aplikasinya, diorderin. Eh abis gitu, meski jarak hp dia dengan saya cuman 3 meter (dia mundur-mundur), justru orderan saya diembat driver yang jauh banget asal muasalnya.


Ah, saya benar-benar heran dengan cara kerja alat komunikasi. Dia lebih sayang yang jauh ketimbang yang di depan mata. Mungkin juga Tuhan mau nguji ketulusan mas gojek yang mahasiswa tuwir itu. Thank you anyway, mas. Sudah ngenalin saya cara order selain ngojesh.


By the way gojek-way, saya dapet rider bapak bertubuh tinggi besar yang cukup sopan, untuk nganterin ke terminal Bungurasih. Tapi alamak, jarak yang biasanya saya tempuh sekitar satu jam kalo ngeline itu, harus saya lalui dengan dag dig dug der aha aha, gegara bapaknya nih wajahnya nunduuuk mulu. Iya.. nunduk di jalanan raya. Ngantuk mungkin. Hoh maai... seeem amiiir. Saya sampe berkali-kali narikin jaketnya biar si bapak gak nunduk terus. Saya kapok.


Kembali bergojesh. Order diterima. Tapi pas ketemuan di tempat, sepedanya sama, no hpnya sama, tp orangnya beda. Lho? Rupanya, si mbak langganan saya udah mulai kerja rutin. Akun gojeshnya dilimpahkan ke ibunya. Ooh...


Gak cuma lelet, untuk nyampe tujuan harus tanya oramg tiap tikungan, dan gak segesit anaknya, si mami ini kalo nyetir sambil nasehat-nasehatin saya. Di test Toefl saya yang kedua, (tes pertama hasilnya kurang 3 angka, duh swediiih. Gak prepare2 sih) si Ibu gojesh tetap aja nasehatin saya untuk ngerjain dengan tenang biarpun aslinya beliau udah bikin saya spot jantung karena super mefet sama jadwal tes.


Pas nyampe ruang, semua udah ngisi identitas. Untung aja gak ketinggalan listening section. Wahaha.. ngaco. Tapi ujung-ujungnya saya insaf sih, bu driver ini, however, adalah pahlawan yang diturunkan Tuhan. Lagian nasehatnya bijak. Usai tes dan nyampe rumah, saya PM beliau dan ucapkan terimakasih. Kami baikan. Eaaa... Co cweet.


Tapi kemudian... Malang tak dapat ditanggung, sedih tak dapat dibendung (eh gimana sih peribahasa yang bener), untuk menyingkat cerita lah pokoknya, nomer kontak itu ilang. Huhuhu... Gak tau karena ganti hape atau gimana, yang jelas saya tak bisa lagi menghubunginya. Mau ngubungi agen gojesh, saya terlalu malas. Lagian rute jalan saya keliling Surabaya sekarang udah mulai terang, seterang sinar matahari di kampus baru saya kalo siang hari.


Saya udah naik level, naiknya roda 4. Taksi? Huh sorry ya.. ngapain yang kecil kalo ada yang besar. Damri dong.. ahahaha. Saya suka banget ngeDamri. Apalagi karena iming-iming iklannya, "Ayo naik bis, biar gak macet".





5 comments:

  1. Hahaha...paragraph terakhir lucu...

    BTW so sweet ceritanya mb

    ReplyDelete
  2. pagi pagi baca postingan mbak, ketawa ngikik :D

    ReplyDelete
  3. Terima kasih sudah berkunjung, mas Fajar

    ReplyDelete
  4. Hahahaha...Asyik..Seru mba Cerita nya. Sukaaa...

    ReplyDelete