Wednesday 20 March 2019

Finally, my second RCO

Yeaay, Reading challenge lagi.

Awalnya begitu perasaan saya ketika RCO atau Reading Challenge Odop dibuka lagi. Sukalah, punya teman baca bareng, dapat tantangan, dan bisa kenalan dengan multigolongan odoper jaman ke jaman.



Tapi di RCO kedua yang saya ikuti ini, perasaan ketiga berada di stage pertengahan jadi berubah. Ilang feeling. Ngapain cari tantangan kalo kerjaan sendiri seabrek gini? Nyari masalah yagaksi?

Akhirnya, saya emang niat bolos. Sekali, dua kali, ampe tiga kali. Eh pas udah sampai batas maksimal bolos itu, kok jadi pengen lanjut lagi ya. Rasanya kayak: baca gini aja masa gak mampu sih? Hajar lah hajar! Akhirnya jadi lulus deh. Yaa gimana dong ini.

Di babak keempat, saya udah pasrah pas blm ngumpulin tugas dua dan tiga dan udah dedleƱ. Tapi pas bilang sama admin jombanger, dia bilang: gak apa, kan belum direkap. Yaudade, gasken aja.

Karena itu akhirnya saya lulus jua smpe episode akhir ini. Ini pun tugasnya nabrak dedlen. Tapi kayaknya gpp si, qiqiqiqi.

Jadi gimana ya soal RC itu. Gini-gini. Saya tuh love amat sama tantangan membaca begini karena belom bisa lupain sensasinya saat ikut RC pertama. Di grup selain ODOP sih.

Karena ikut program keren itu, yang berlangsungnya enam bulanan dan gweh masuk salah satu dari 6 lulusan dari 60 peserta yang 54nya tumbang, saya jadi pamer tiap hari ke Odoper dan odoper jadi pengen dan akhirnya jadilah RCO ini.

RCO pertama hadir dengan Kang Feri sebagai perakit sistem dan Kak Na sebagai juri. Saya sendiri gakikut karena masih baru aja lulus dan sedang pengabdian sebagai wali kelas RC di grup lain ituh.

Sepanjang perjalanan RCO, kang Feri konsul2 kalo bingung dan nemuin kejadian tak terduga.

Nah, pas RCO 3, saya ikut. Lutfi dan Sofia bertugas sebagai admin. Idolak memang mereka ini, mau aja rekap-rekap aktivitas orang. Eh BTW, tantangannya saat itu menurut saya banyak yg kurang efektif dan asal-asalan. Makanya di ending saya banyak kasih masukan.

Di RCO ini tuh yang tantangannya debes sangat dan bikin pinter. Persis ama tantangan RC yang saya ikuti awal banget.

Jadi, saya gak keberatan si dengan semua tantangan yg mungkin peserta lainnya pontang-panting (soalnya tuh semua jenis bukunya usul guweh hyakakakak) dan saya udah punya bukunya, eh bukan, dan saya yakin setelah baca buku-buku bergenre tantangan itu, odoper akan tambah pinter. Yekan? Hayoloh ngaku.

Jadi, RCO ini tuh ideal bangeet. Jangan turunin kwalitas. Jangaaan pliss. Temanya udah keren, tantangannya juga cakep, oke dah semua. Cuman... Ehm gini.. rCO depan gwe kayaknya gak ikut lagi wkwkwk.


Gak ikutnya lagi bukan karena gak suka gwes, big no.

Gini lho: RCO itu buat kamuh kamuh yang bacanya masih dipaksa. Kalo udah rajin sih ngapa harus ikut RCO. Setiap penulis harusnya butuh membaca. Dan kebutuhan bacanya beda-beda sih. Eh tapi niat saya bukan itu sih sbenarnya. Dua kali ikut RCO ini tujuannya biar kenal anak2 baru. Ya tapi hari-hari depan saya kayaknya bakal sibuq dan syuper syibuq. Jadinya, tak apa kalo saya harus absen dari RCO selanjutnya.

Yang penting: pliss tema-tema di RCO yang model beginian: tokoh, sejarah, nobel sastra, bahasa Inggris (gak perlu dibilang basa asing lagi degh) jangan dihapus. Kalo perlu tambahin filsafat, antropologi, sosiologi, dan disiplin lainnya. Kenapa? Ya penulis perlu banyak alat kaaan buat pendekatan nulisnya.

Demikian tulisan ini dibuat. Ciao dan tidak sampai ketemu di RCO selanjutnya. Buat mimin yang serasi, (selamat menempuh hidup baru di rumah masing2) makasih eaaa... Hmuooooh (suara sapi).

0 comments:

Post a Comment