Friday 19 February 2016

Buku Harian yang Menginspirasi



Gemetar rasanya bisa ketemu buku ini lagi. Saya telah menjumpai 3 cetakan berbeda. Pertama, di tahun awal saya penasaran pada buku ini dan mendapati cetakannya yang seukuran separuh folio. Kedua, ketika heboh akan difilmkan ke layar kaca, saya membeli bukunya, dan (naasnya) hilang. Berkali-kali mencari lagi tapi tak menemui toko yang menjualnya. Hingga, akhirnya tahun ini seorang teman berhasil menghadirkan buku ini untukku.


Sesuatu sekali bisa mendapatkan buku ini lagi. Benar! Bukan buku biasa! Kalo boleh saya katakan, karena buku inilah saya ingin jadi penulis.

Sejak kecil saya suka nulis di diary. Yang saya masih ingat, kelas 6 SD saya mulai suka curhat2 sama Allah lewat buku harian gitu, gegara pengin lari dari virus merah jambu. Eaaa... cimon banget, wkwkwk...

Sampe ketika SMA, saya masih aktifist diary. Tapi ya gitu, angot-angotan. Tergantung mood banget nulisnya. Saya belum terlalu suka baca buku. Paling hanya majalah Annida atau Ummi yang lagi ngetren di asrama sekolah hari-hari itu.

Sampai suatu hari, BAMM!!!
Di ultah saya yang seventen suit-suit, seorang kakak cantik yang baik hati dan tidak sombong (mantan kakak kelas di MAN 3 Malang) ngirimin saya buku. Beneran buku!!! (biasa aja kalee!). Masalahnya, seumur itu baru sekalinya saya dapat kado buku bacaan. Kan jaman bocah2 seringnya di kado buku tulis :D :D

Langsung dikirim dari Jogja pula, jadi istimewa bangeet... Nah lebih istimewa, isi buku ini, setelah saya bolak balik dikit, ternyata adalah isi diary dari seseorang yang sudah mati. Whatt??

Siapa dia? Sepenting apa dia, sampai setelah dia ada penerbit yang mau membukukan tulisan di buku hariannya. Saya penasaran, saya baca, dan ehhh..woow!! Hiks, Beda banget yak sama diary gue yang isinya curhat melow semua :'(

Di luar konteks isi bukunya yang public bisa pro-kontra, saya mikir satu hal: Diary itu ternyata gak cuma bisa buat curhat masalah2 pribadi. Renungan2 kita juga bisa kita dokumentasi dalam buku yang sifatnya pribadi.

Membaca buku ini, saya jadi ngerasa egois banget, dan pengen mengupgrade kepekaan diri terhadap lingkungan, masyarakat, negara, dan agama. Hmm.. cita-cita mulia.

Cita-cita belia itu disambut sama moment-nya. Reformasi 1998. Saya, anak teater yang merasa peka jaman. Ikut-ikutan heboh ngeliatin kakak-kakak mahasiswa demo waktu itu, pernah kepo ke kampus deket sekolah dan ikut denger orasi refomasi, ngekor barisan demo sampe berakhir dengan upacara bendera di TMP, pasang pita hitam di lengan sebagai belasungkawa korban tri sakti dll. Di teater kita juga ngadain pembacaan puisi dan shalat ghaib. Pokoknya peduli banget sama mahasiswa yang lagi berjuang mengguling rezim saat itu.
Trus, saya kuliah di kota buku. Thanks ya Rabb, hidup bergelimang buku, saya jadi suka baca buku. Nah suatu saat saya ketemu buku harian yang lain. Dahsyat!!
Saya telah membaca 2 buku harian orang hebat. Saya jadi iri dengan kedua pemilik buku harian hebat ini. Saya ingin seperti mereka. Saya ingin jadi perenung yang tak egois. Saya ingin menulis lebih banyak. Ketika saya menulis, saya menemukan diri saya berdialog. Pikiran berkelana. Hati bicara. Saya utuh, ketika menulis.



7 comments:

  1. Mbak Hidayati...isi diary saya juga curhatannya gak penting. Jadi ingin mengupgade diary juga nih. Sekarang diary digital a.k.a blog. Heheh

    Mbak, penasaran saya sama buku harian Ahmad wahib. Isinya ttg APA ya? Kalo yg soe hok gie sdh pernah nonton filmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya great mbak, mulai dr renungan asmara, politik, kemerdekaan berijtihad,sastra, dll. Dunia di tahun2 itu terpotret lengkap d mata aktivist brnama wahib mbak

      Delete
  2. jadi ingat demo tahun 98 ... menikmati dikejar tentara dengan senapan laras panjang... sekarang bisa tertawa, lah dulu ... yang ada rasa takut hehehe

    ReplyDelete
  3. Ih ngeri ya mbak klo ingat jaman itu. Tp bangga liat perjuangan mahasiswa bersatu nglawan rezim. Mbak maya saat itu pasti salah satunya ya

    ReplyDelete