Wednesday 17 February 2016

Present Tense Traffict light

Belajar bahasa Inggris katanya susah-susah gampang. Apalagi kalo sudah kena tense. Duuuh... baru jenis-jenis tenses aja nggak hapal apalagi rumus kalimat positif negatif dan interrogatifnya.

Eit, ternyata rumus-rumus itu nggak harus dihapalkan lho!!!


oyea??

Yup, nih dia, media pembelajaran untuk membantu murid-murid saya belajar present tense +, -, dan ?  tanpa pake hafalan. Saya menamainya Present traffic light. Soalnya, idenya ngambil dari lampu merah, kuning, hijau di perempatan jalan.

belajar pesent tense jadi nggak perlu menghafal rumus lagi. Sistem cerita perjalanan mobil di jalan raya akan membuat anak memahami runtutan komponen dalam kalimat + - ? present tense dengan mudah.

Begini contohnya:
kalimat positif ibarat lampu menyala hijau. Subject mengendarai mobil (predikat/ verb) lurus2 aja. gak ada hambatan. Cuman yang harus diinget, kalo subjectnya ini anggota keluarganya I you they we (dibaca: Ayu Dewi) maka pas naik mobil dilarang minum es (verb tidak diakhiri s/es). Kalo minum es bisa sakit nanti. Sebaliknya kalo yang dinaikkan mobil sesuatu yang nggak jelas seperti he she it, maka wajib dibekukan pake es (ada s/es setelah verb) biar nggak basi kalo kelamaan.

Nah sekarang kalo kalimat negatif, ibaratnya adalah lampu merah. Subject siapa aja yang mengendarai mobil wajib berhenti (menyertakan not yang ).

Sementara kalimat interrogatif, ibaratnya adalah lampu kuning (peringatan). Peringatan (auxiliary do/ does yang diwarnai kuning) harus didahulukan sebelum subject melaju mengendarai mobil.

Alhamdulillah dengan sistem cerita ini, belajar jadi mudah.

Keunggulan media pembelajaran ini, semua bahannya dibuat dari bahan bekas. hanya butuh memanfaatkan sag plastik, tas bungkus nasi kondangan, plastik dan kardus,  maka jadilah di tangan kreatif kita. Benar-benar nggak ada ongkos yang keluar kecuali untuk lagban dan lem saja.

Media pembelajaran ini, alhamdulillah, memenangi juara l lomba alat peraga edukatif tingkat SD sekabupaten Tuban.

3 comments:

  1. Wow inapiratif skali mbak,menarik <3<3

    ReplyDelete
  2. Wow inspiratif skali mbak, menarik <3<3

    ReplyDelete
  3. Wah ini bagus diterapkan untuk anak-anak mbak. Tapi sebenarnya belajar tenses emang ga susah. kalo aku dibiasakan latihan aja biar ingat

    ReplyDelete