Thursday 18 February 2016

Try Out asyik pake smart ludo



Masih soal media pembelajaran, kali ini saya mau ngenalkan mainan yang biasa saya pake sama anak-anak didik saya. Saya menamainya SMART LUDO.

Tau kan mainan LUDO? Mainan yang berbasis board game seperti catur atau ular tanngga ini konon aslinya dari India. Inti permainannya, setiap pemain (yang terdiri dari 4 orang) harus melempar dadu untuk bersaing nasib . Siapa yang lebih dulu sampai, itulah pemenang.



Nah, di game SMART LUDO ini saya modifikasi bentuk papan dan rule of the game-nya.

Bentuk papan kita buat super big, jadi pemain bisa masuk di dalamnya. Tapi bisa juga game ini dimainkan rame-rame sekelas. Caranya, pemain nggak ikut masuk di dalam board, cukup diwakili gacu/ biduk masing-masing. 

Di smart ludo, kotak/step yang harus dilewati tiap pemain ada 50. Kenapa 50? Karena sebenanya game ini saya khususkan untuk murid2 saya belatih soal try out UN. Secara soal Bahasa Inggris UN jumlahnya ada 50, maka kalo mereka back home dengan selamat, 50 langkah yang telah dilewati pemain menunjukkan skor try out mereka, dikali 2. Yup! 100!

Nah cara mainnya sekarang!
Kalo ludo, pemain bisa dulu-duluan jalan dengan melempar dadu. Kalo game ini, saya bisa gunakan untuk membahas dan mencocokkan soal try out yang sudah selesai digarap siswa. Bisa juga pertanyaan saya sampaikan langsung dan mereka jawab ala-ala kuis rangking satu. Intinya sih, jawaban benar bisa maju, jawaban salah tetep di tempat. Nah kalo sudah total 50 soal, keliatan deh berapa skor mereka.

Asyik? Bangeeet!!! 

Itu yang dirasakan murid-murid saya dengan mainan ini. Soal try out jadi menantang, nggak mbosenin, ketika dipadu dengan mainan ini.
Lebih asyiknya, mereka terlibat dalam pembuatan game ini. Saya cuma buat konsep dan nyediakan bahan-bahannya. Secara, mereka anak-anak asrama yang nggak bisa keluyuran kesana kemari.
Bahannya, sengaja saya pake yang ramah lingkungan. Salah satu cara mengedukasi anak-anak untuk menyelamatkan semesta. Apa saja? Bahan dasarnya sih plastic bekas bungkus jajanan. Selebihnya lagban, lem atau isolasi dan kertas layangan. 

Game ini rencana dulu mau saya ikutkan lomba APE, tapi karena deadline saya waktu itu masih bejibun, saya tunda deh. Insya Allah kali lain kalo ada kesempatan.

11 comments:

  1. Durasi waktu brp lama itu mbak ?

    ReplyDelete
  2. kalo sudah ngerjakan soal sebelumnya sih nggak lama mbak, 1 jam pelajaran cukup, sambil buat neangkan. tapi kalo soal dibacakan on the spot, paling tidak 2 jam kayaknya

    ReplyDelete
  3. thank you mbak, semoga menginspirasi :)

    ReplyDelete
  4. Durasi waktu brp lama itu mbak ?

    ReplyDelete
  5. 2 jp insyaallah cukup mbak leni

    ReplyDelete
  6. Hemm, saya sendiri gak ngerti cara main Ludo #edisikudet

    ReplyDelete
  7. Audrey, itu murid2ku, seumuran dirimu

    ReplyDelete
  8. Audrey, itu murid2ku, seumuran dirimu

    ReplyDelete