Wednesday 3 February 2016

English Nowadays for Character Buiding: for 4th grade Elementary School

Behind the Book

Info Buku
Judul     : English Nowadays for Character Building (4th)
Penulis  : Nur Hidayati
Reader  : Erica Larson
Penerbit: Pena Media


Ditulis oleh praktisi pendidik yang telah 9 tahun menggeluti dunia pendidikan dasar, buku ini unggul tidak hanya dari
aspek isi, melainkan juga dikemas sesuai usia siswa. Dilengkapi gambar-gambar, tapi tidak over. Sehingga kehadiran dari ilustrasi yang ada benar-benar untuk membantu memvisualisasikan materi agar membantu proses belajar siswa. Selain itu, secara naratif keseluruhan buku ini bercerita tentang anak kelas 4 SD bernama Izzu, bersama teman-teman dan keluarganya. Adanya tokoh yang menjadi benang merah di setiap bab yang dipelajari siswa ini, tentunya akan memicu rasa tertarik dan keingintahuan.

Dari segi isi tidak lagi diragukan, buku ini dibaca dan ditelaah oleh seorang native speaker, Ms Erica Larson. Materinya langsung diintegrasikan dengan kurikulum 2013 sehingga nyambung dengan tema dan muatan belajar yang sedang dipelajari siswa. Yang lebih istimewa, setiap bagian buku ini secara tersirat maupun tersurat diperkaya oleh wawasan dan ajakan yang bertujuan membangun karakter siswa.

Buku ini juga sistematis, memuat standar kecakapan berbahasa meliputi listening, speaking, reading dan writing, di mana pada masing-masing sub kecakapan ada langkah-langkah belajar yang menarik dan mudah diikuti. Misalnya pada listening, siswa dipandu mulai dari mengidentifikasi  bunyi kata dari text yang diadaptasi dari internet, menemukan arti kata sulit hingga memahami informasi dan menjawab pertsnyaan terkait text.

Kekurangan buku ini, meski resmi ber-ISBN dan telah 2 kali naik cetak, tetapi didistruibusikan terbatas sehingga susah untuk mendapatinya d toko buku umum.

4 comments: